Konfigurasi HaPe Modem Haier D1200P pada Linux Mandriva 2008


Alhamdulillah … kemarin temen gw (AYe) udah berbaik hati memberi kesempatan bagi gw untuk mencoba HaPe modem Haier with smart (bundled) paket 6 bulan free 12 GB.

Pertama kali gw coba install driver-nya  di windows XP, eh ternyata ga bisa ….

Setelah dicoba beberapa kali,  mungkin 5 kali install & uninstall, masih ga bisa. Udah restart bolak-balik -uhm.. menjengkelkan sekali (dengan gaya doraemonnya)- tetep ga bisa.

Selidik punya selidik, gw inget ponsel Sony Ericsson K750i yang gw pernah install di kompie. Gw koneksikan ke kompie, trus coba install lagi software driver modem Haiernya .. eh……. bisa bro.. ga tau knapa, mungin aja konflik ma USB drivernya K750i.

Setelah sukses.. gw coba uji koneksi internet pake SMART lewat http://www.speedtest.net, hasilnya tidak mengecewakan (walaupun sinyalnya cuman 1 baris)

SMART with Haier D1200P

Trus gw coba modemnya pake Linux Mandriva…. Adapun langkah²nya sebagai berikut (langsung proses yang berhasil)

0.  Setelah udah didesktopnya Mandriva, sambungkan HP ke komp lewat usb. Dengan Konsole masuk ke root (su).

1.  ketik “lsusb” (tanpa tanda kutip)

hasilnya kurang lebih:

 Unknown line at line 2389
 Bus 002 Device 004: ID 15eb:0001
 Bus 002 Device 002: ID 1131:1001 Integrated System Solution Corp. KY-BT100 Bluetooth Adapter
 Bus 002 Device 001: ID 0000:0000
 Bus 001 Device 001: ID 0000:0000

karena HP ini belum dikenal oleh kernel, maka diperkirakan

baris “Bus 002 Device 004: ID 15eb:0001” adalah identitas dari Hape tersebut.

2. Ketik “modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x0001

adalah perintah untuk mengaktifkan modul kernel usbserial berdasarkan id hardware.

3. Ketik “dmesg

hasilnya kurang lebih:

 ...
 usb 2-2: USB disconnect, address 3
 usb 2-2: new full speed USB device using ohci_hcd and address 4
 usb 2-2: configuration #1 chosen from 1 choice
 usbcore: registered new interface driver usbserial
 drivers/usb/serial/usb-serial.c: USB Serial support registered for generic
 usbserial_generic 2-2:1.0: generic converter detected
 usb 2-2: generic converter now attached to ttyUSB0
 usbserial_generic 2-2:1.1: generic converter detected
 usb 2-2: generic converter now attached to ttyUSB1
 usbcore: registered new interface driver usbserial_generic
 drivers/usb/serial/usb-serial.c: USB Serial Driver core

artinya modem sudah terinstall di /dev/ttyUSB0 dan /dev/ttyUSB1

4. Langkah selanjutnya buka program “KPPP”, jika belum ada saya sarankan untuk menginstal terlebih dahulu.

5. Pada KPPP, klik tombol Configure, pada Tab Accounts klik New.

. Setelah muncul dialog  “Create New Account”, klik “Manual Setup”,

isi Connection name dengan “smart” (tanpa tanda kutip).

Add phone number dan isi dengan #777. setelah selesai semua, tekan OK.

6. Buka Tab Modems pada KPPP, lalu klik New.

Pada dialog “New Modems”, isi Modem name dengan [misal] “haier D1200P”

pilih modem device “/dev/ttyUSB0”

Pada Tab Modem, tekan “Modem Commands”

isi pada isian “Initialization string 2 : ” dengan:

AT+CRM=1; +CMUX=1; +CPS=33; +CTA=0

klik OK, sampai pada Dialog utama KPPP.

7. Pilih “Connect to: ” dengan accounts yang anda buat tadi “smart”

dan “Use modem: ” “haier D1200P”

login dan password diisi “smart” (tanpa tanda kutip)

8. Tekan Connect.

9. Alhamdulillah berhasil… (mungkin kalau nggak berhasil, harus di-restart HaPEnya.. dan coba lagi 🙂 )

Semoga bermanfaat !!!

Update :

– 10 Jan 2009 Mas Evan mengirim attachment yang isinya program tuk konfigurasi Modem Haier  D1200P secara otomatis.

Rekan² bisa mendownloadnya disini. (Note: untuk Mdv 08-09).

– Untuk konfigurasi dengan wvdial (Ubuntu), coba tambahkan

Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0

berhasil pada Ubuntu 8.10

Update lagi:

– 6 Desember 2009 Mr STJ mengirim attachment driver Haier D1200P, tapi sayang tidak bisa nyoba… hapenya dah laku 😦 …

Bisa di-download disini


Terima kasih kepada semua kontributor yang telah men-share-kan

pengalamannya dengan Haier D1200P…

Advertisements

101 Comments »

  1. tyto said

    lumayan ribet juga yah,, hehe

  2. […] Seperti biasa di semua Linux, saya akan buka terminal , konsol atau shell, lalu saya ketik wvdialconf. Namun disebutkan di hasilnya kalau modem tidak terdeteksi!?… aneh … pasalnya di slackware atau di debian saja yang katanya sulit saya bisa kok dideteksi, ini distro yang mengklaim ‘semudah ubuntu’ kok enggak bisa mendetek modem hape saya … akhirnya saya google-ing dan hampir menyerah sebelum saya menemukan posting ini. […]

  3. […] konek internet dengan SMART (hp d1200P). setelah googling sana-sini, baca panduannya mas awangga, supranov, mulyanto, dll. akhirnya bisa konek juga. berikut resume dari perjalanan mengonekan smart pada […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: